Cara Membuat Aplikasi Pembelajaran dengan MIT App Inventor

Assalamualaikum.wr.wb

Hallo Everyone!

Berikut ini merupakan tugas fisika komputasi mengenai "Membuat Aplikasi Pembelajaran dengan MIT App Inventor"

Semoga Bermanfaat!

Tugas Pembuatan Aplikasi Pembelajaran

Materi Pembelajaran:

  • Konsep Usaha (Materi Kelas XI Fisika SMA)

Media Pembuatan Aplikasi:

  • MIT App Inventor

Software/Tools Penunjang Lainnya:

  • Canva: untuk desain beberapa gambar yang dilampirkan.

  • Website https://coolors.co/ : untuk generator color pallete.

Rancangan Komponen Pembelajaran:

Pengembangan fitur dalam aplikasi yang termuat sebagai berikut:

  1. Halaman Splash Screen

  2. Halaman Menu

  3. Kalkulator Aplikasi

  4. Halaman Tentang Pembuat

  5. Halaman Utama / Inti Aplikasi

Pembuatan Flowchart Aplikasi

Flowchart aplikasi dibuat agar lebih memudahkan dalam merancang aplikasi dan pengembangan fitur aplikasi.

Gambar 1 Flowchart Aplikasi

Penentuan Color Pallet dalam Aplikasi

Pembuatan collor pallets dengan menggunakan website https://coolors.co/ , dengan menggunakan rancangan komposisi warna sebagai berikut:

Gambar 2 Color Pallete Aplikasi

Langkah Pembuatan Aplikasi Pembelajaran

  1. Tahapan Pembuatan Akun MIT App Inventor

Pembuatan akun dilakukan dengan proses registrasi e-mail, hingga verifikasi akun agar siap digunakan.

Gambar 3 Pembuatan Akun

  1. Membuat New Project

Aplikasi yang akan dibuat diberi nama “PHYSICS_IO” dikarenakan konten dari pembelajaran terkait Fisika, dan sub materi pada aplikasi yaitu pada materi usaha dan energi.


Gambar 4 Pembuatan New Project

  1. Memahami setiap tools penunjang aplikasi sambal mencoba fungsi tiap fitur pada menu design.

Proses pengujian tool untuk membangun aplikasi dilakukan dengan memahami user interface aplikasi, mengatur berbagai tools seperti pada komponen, properties, palletes, dan tampilan aplikasi dapat dilihat pada menu viewer.

Gambar 5 Percobaan Fitur Design untuk aplikasi

  1. Memahami setiap tools penunjang aplikasi sambal mencoba fungsi tiap fitur pada menu block.

Proses programming apps dilakukan dengan menggunakan blok kode, tahapan awal dilakukan pemahaman terkait logika dari setiap blok agar nantinya pemrograman melalui blok dapat menjalankan fungsi yang sesuai.

Gambar 6 Percobaan Fitur Block untuk aplikasi

  1. Setelah algoritma dari setiap fitur dipahami dan diuji coba maka tahapan selanjutnya adalah menyusun kerangka woreframing aplikasi yang dibuat dalam sketsa aplikasi.

  2. Sebelum melanjutkan aplikasi di waktu kemudian hari maka project sementara dissave melalui fitur “save project” pada website.

Gambar 7 Sve Project File Aplikasi

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن


Komentar