Cara Membuat Aplikasi Quizz Menggunakan Wordwall

 Assalamu'alaikum.wr.wb

Hello Everyone!

Berikut ini merupakan link tugas Cara Membuat Aplikasi Quizz Menggunakan Wordwall

بِسْــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Identifikasi Media Pembelajaran - Kuis Berbasis Wordwall

dengan materi “Usaha dan Energi”

  1. Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah gabungan antara bahan belajar dengan alat belajar dan merupakan bagian dari sumber belajar untuk dijadikan sebagai penyampai pesan dan informasi dalam pembelajaran. Supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal serta meningkatkan efektivitas hasil pencapaian. Media pembelajaran juga dapat digunakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dalam pembelajaran[1]. 

Media pembelajaran dengan bantuan smartphone memiliki kelebihan seperti kemudahan saat mengakses dimanapun dan kapanpun. Sehingga hal tersebut menjadikan kemudahan jika digunakan sebagai alat untuk membantu siswa dalam belajar[2]. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan siswa ketika belajar dari rumah pada pembelajaran jarak jauh adalah dengan menggunakan media kuis melalui Wordwall. Media pembelajaran online berbasis game edukasi Wordwall dapat digunakan oleh seorang guru sebagai alat bantu dalam melakukan proses pembelajaran, salah satunya melalui akses kuis[3]. 

  1. Media Pembelajaran Wordwall

Salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan yaitu Wordwall. Media Wordwall merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai media belajar maupun alat penilaian yang menarik bagi siswa dalam pembelajaran daring[4]. Beberapa kelebihan Wordwall yaitu free untuk pilihan basic dengan pilihan beberapa template. Selain itu, permainan yang telah dibuat dapat dikirimkan secara langsung melalui whatsapp, google classroom, maupun yang lainnya. Software ini menawarkan banyak jenis permainan seperti, crossword, quiz, random cards (kartu acak) dan masih banyak lainnya. Kelebihan lainnya yaitu, permainan yang telah dibuat bisa dicetak dalam bentuk PDF, jadi akan memudahkan bagi siswa yang mempunyai kendala pada jaringan[5].

  1. Identifikasi Media Pembelajaran Wordwall

Media pembelajaran Wordwall dapat diakses secara online melalui laman berikut ini: https://Wordwall.net/ .

  1. Langkah-langkah menggunakan Wordwall 

Secara umum langkah dalam pembuatan media melalui Wordwall sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan akun di https://Wordwall.net/. Klik Sign Up lalu isikan bidata seperti nama, alamat email, kata sandi dan lokasi pengguna.

  2. Pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan.

  3. Tuliskan judul dan deskripsi permainan. Dalam hal media pembelajaran dapat ditulis materi pembelajaran.

  4. Ketikkan konten sesuai dengan tipe permainannya. Pada beberapa tipe penggunaan template Wordwall diperkenankan mengunggah gambar.

  5. Klik Done jika telah selesai.

  6. Pengguna bisa mencetak media/permainan yang kalian buat atau membagikannya kepada siswa secara online dengan mengklik tombol share yang ada pada bagian bawa permainan.

  1. Eksplorasi Fitur dalam Wordwall

  1. Interaktif dan dapat dicetak

  • Wordwall dapat digunakan untuk membuat aktivitas interaktif dan dapat dicetak. Sebagian besar template tersedia dalam versi interaktif dan dapat dicetak.

  • Interaktif diputar di perangkat apa pun yang mendukung web, seperti komputer, tablet, ponsel, atau papan tulis interaktif. Fitur ini dapat dimainkan secara individual oleh siswa, atau dipimpin oleh guru dan siswa bergantian ke depan kelas.

  • Dapat Dicetak dapat dicetak secara langsung atau diunduh sebagai file PDF. Fitur ini dapat digunakan sebagai pendamping interaktif atau sebagai kegiatan yang berdiri sendiri.

  1. Membuat dengan menggunakan template

 

  • Template ini termasuk fitur klasik yang sudah dikenal luas seperti kuis dan Teka Teki Silang. Wordwall juga memiliki permainan gaya arcade seperti Labirin/Maze Chase dan Pesawat Terbang, dan ada alat manajemen kelas seperti Denah Tempat Duduk.

  • Untuk membuat aktivitas baru, pengguna dapat mulai dengan memilih template lalu masukkan konten. 

  • Template yang dapat diguunakan tergantung dari jenis dari akun pengguna. Secara total ada jenis 33 interaktif dan yang 16 dapat dicetak, namun tidak semuanya memiliki akses secara gratis.

  1. Berganti template

  • Setelah membuat aktivitas, pengguna dapat mengalihkannya ke template lain dengan satu klik. Hal ini menghemat waktu secara efektif dan sangat bagus untuk membuat pembedaan dan peningkatan.

  • Misalnya, jika pengguna membuat aktivitas Pencocokan berdasarkan nama bentuk, maka dapat doubah menjadi Teka Teki Silang dengan nama bentuk yang sama persis.

  • Dengan cara yang sama maka dapat mengubah sumber daya pada template menjadi Kuis atau permainan Mencari Kata dan berbagai kemungkinan lain namun dengan beberapa ketentuan yang disesuaikan. 

  1. Mengedit aktivitas apapun

Dalam penggunaan Wordwall mala tidak harus menggunakan kegiatan yang sudah ada namun juga dapat membuatnya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna dengan melakukan proses kustomisasi materi sesuai dengan gaya mengajar masing-masing.

  1. Tema dan opsi

  • Interaktif dapat ditampilkan dalam tema yang berbeda. Setiap tema akan mengubah tampilan dan nuansa dengan gambar, font, dan suara yang berbeda.

  • Dalam Wordwall dapat ditemukan opsi lebih lanjut untuk mengatur timer atau mengubah permainan.

  • Versi yang dapat cetak juga memiliki opsi. Misalnya, dapat mengubah font, atau mencetak beberapa salinan per halaman.

  1. Penugasan Siswa

  • Aktivitas Wordwall dapat digunakan sebagai tugas yang akan diselesaikan siswa. Saat guru menetapkan tugas, siswa diarahkan ke satu aktivitas tersebut tanpa harus mengunjungi halaman aktivitas utama.

  • Fitur ini dapat digunakan di dalam kelas di mana siswa memiliki akses ke perangkat mereka sendiri, atau sebagai cara mengatur pekerjaan rumah.

  • Setiap hasil siswa akan dicatat dan tersedia untuk guru tergantung dengan bentuk instrument penyusunan yang dibuat oleh guru. 

  1. Berbagi dengan guru

  • Aktivitas apa pun yang dibuat dapat dibuka untuk publik. Ini memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan halaman aktivitasnya melalui email, media sosial atau melalui cara lain. Ini juga memungkinkan guru lain untuk menemukan aktivitas di hasil pencarian Komunitas, memainkannya, dan meningkatkannya.

  • Pengguna juga dapat memilih untuk menjadikan aktivitas sebagai privat, yang berarti hanya Pengguna tersebut yang dapat mengaksesnya.

  1. Menyematkan di situs web

Aktivitas Wordwall dapat ditempatkan di situs web lain menggunakan cuplikan kode HTML. Bagian ini berfungsi dengan cara yang sama seperti fitur penyematan video seperti di YouTube atau Vimeo, memberi Anda aktivitas yang dapat dimainkan di situs Anda sendiri.

  1. Eksplorasi Template dalam Wordwall

Pada Wordwall terdapat 18 Jenis template Free yang dapat digunakan dan template yang lainnya fitur berbayar. Diantaranya adalah:

  • Template Free

  • Template Berbayar (Terkunci dikarenakan menggunakan Free Access Account)

  1. Deskripsi Template yang tersedia Free Access dalam Wordwall

  1. Match Up: cara penggunaan dengan menyeret dan melepas setiap kata kunci di sebelah definisinya

  2. Quiz: Serangkaian pertanyaan berupa pilihan ganda, dan mengetuk jawaban yang benar untuk melanjutkan

  3. Random Wheel: putar roda untuk melihat item mana yang muncul berikutnya

  4. Missing Word: aktivitas yang dilakukan dengan menarik dan melepas kata ke ruang kosong di dalam teks

  5. Group Sort: seret dan lepas setiap item ke dalam grup yang benar

  6. Find The Match: yaitu dengan menemukan jawaban yang cocok untuk menghilangkannya

  7. Unjumble: aduk dengan mengatur ulang setiap kalimat dengan urutan yang benar

  8. Matching Pair: ketuk sepasang sekaligus untuk menemukan kecocokan antara keduanya

  9. Random Cards: seperti permainan kartu acak yang dikocok

  10. Open the Box: membuka kotak secara bergantian untuk melihat isi item didalamnya

  11. Anagram: untuk menyeret huruf ke posisi yang benar untuk menguraikan kata atau frasa

  12. Labelled Diagram: menyeret dan menjatuhkan pin ke tempat yang benar dalam gambar

  13. Gameshow Quiz: kuis pilihan ganda dengan tekanan waktu, bonus dan putaran lainnya. 

  14. Crossword: menggunakan teka teki silang untuk menyusun kata yang akan dicari jawabannya

  15. Whack a mol: menekan setiap tahi lalat untuk memenangkan game

  16. Flip Tiles: menjelajahi rangkaian ubin untuk memperbesar dan membalik

  17. Maze Chase: lari ke zona labirin untuk menghindari musuh

  18. Airplane: menggunakan sentuhan atau keyboard untuk tebang ke jawaban benar dan menghindari jawaban salah

  1.  Uji Coba Template Wordwall

  1. Template Quiz

  1. Masukkan sub materi dan instruksi kuis

  1. Menuliskan soal pilihan ganda beserta opsi pilihan benar dan dibuat hingga lima buah soal atau menyesuaikan dengan jumlah soal yang ingin dibuat.

  1. Untuk menambahkan ilustrasi dapat menunggah gambar dalam kuis dengan tombol add image.

  1. Mengunggah gambar dari file computer

  1. Jika telah selesai maka klik tombol done

  1. Kuis Siap Dimulai dan tekan tombol start

  1. Tampilan untuk tema klasik

  1. Jika ingin mengubah tema maka dapat memilih sesuai opsi yang tersedia. Misal diubah ke tema Jungle

  1. Opsi tambahan dapat dikustomisasi sesuai keinginan

  1. Leaderboard akan menunjukkan skor siswa yang mengerjakan secara real time.

  1. Template diubah ke Template Gameshow Quiz 

  • Cara mengubah template nya ke gameshow quiz dengan mengklik tombol switch template

  • Cara mengubah template nya ke gameshow quiz dengan mengklik tombol switch template

  1. Template diubah ke Template Open the Box 

  1. Template diubah ke Template Crossword 

  1. Template diubah ke Template Airplane 

  1. Template diubah ke Maze Chase

  1. Template diubah ke Match Up


  1. Share Link Kuis Wordwall

  • Memasukkan Kategori Kuis

  • Pilih opsi yang sesuai dengan kategori kuis

  • Tekan tombol publish dan akan muncul share link untuk kuis dan klik done.  Opsi pilihan share link kuis dapat diintegrasikan ke berbagai platform pembelajaran lainnya. 

  • Berikut ini merupakan link untuk menuju kuis:

https://Wordwall.net/resource/30427649

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

REFERENSI:

[1] O. : Rizqi And I. Aghni, “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 16, No. 1, Pp. 98–107, Jul. 2018, Doi: 10.21831/Jpai.V16i1.20173.

[2] G. Y. Swara, A. Ambiyar, F. Fadhilah, And S. Syahril, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Mendukung Proses Pembelajaran Blended Learning,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, Pp. 105–117, Dec. 2020, Doi: 10.21831/Jitp.V7i2.35028.

[3] S. A, “Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Melalui Media Gambar Di Mtsn Jongar Kabupaten Aceh Tenggara,” Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, Vol. 4, No. 2, P. 143, Feb. 2018, Doi: 10.22373/Biotik.V4i2.1082.

[4] S. Purnamasari, F. Rahmanita, S. Soffiatun, W. Kurniawan, And F. Afriliani, “Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall,” Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1, Pp. 70–77, Jan. 2022, Doi: 10.32493/Al-Jpkm.V3i1.17052.

[5] D. Oktariyanti, A. Frima, And R. Febriandi, “Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 5, Pp. 4093–4100, Sep. 2021, Doi: 10.31004/Basicedu.V5i5.1490.

 





Komentar